Staf Mahkamah Konstitusi Mengikuti Legislative Fellows Program 2010

Rabu, Januari 19th, 2011

Luthfi Widagdo Eddyono, staf Mahkamah Konstitusi, mengikuti Legislative Fellows Program (LFP)2010 yang diselenggarakan oleh American Council of Young Political Leaders (ACYPL). Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 28 Maret – 5 Mei 2010 dengan rangkaian kegiatan, yaitu Washington, DC Program; Legislative Fellowship; 2010 Spring Fellows Congress; dan Home Country Program.

Program Washington DC dilaksanakan 28 Maret – 2 April 2010 berbentuk pertemuan dan berbagai kegiatan yang ditujukan untuk mengenalkan sistem pemerintahan Amerika Serikat, politik, dan pembuatan kebijakan di tingkat federal, negara bagian, dan pemerintah lokal. Pertemuan diadakan dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika, para staf pendukung, pemerintah federal, fungsionaris partai politik, dan akademisi.

Legislative Fellowship merupakan kegiatan sebulan penuh (2 April – 1 Mei 2010) di Washington State (Seattle, Tukwila, Redmond, Bellevue, Olympia, Renton, Everett, Des Moines, dan Des Moines) dimaksudkan untuk mempelajari negara bagian dan parlemen lokal, serta pembuatan kebiijakan dan isu pemilihan umum. Selain magang di kantor DPR, ada juga pertemuan dengan lembaga swadaya masyarakat lokal, partai politik, sekolah atau universitas, dan interaksi dengan media lokal.

2010 Spring Fellows Congress diadakan oleh the USA State Department di Washington, DC. Kegiatan dua hari ini (3 – 4 Mei 2010) diperuntukkan bagi 100 Legislative Fellows dari 17 countries dan menyediakan forum diskusi tentang proses legislasi dan isu-isu penting lainnya.

Seusai kembali ke Indonesia, maka akan ada Home Country Program Development berupa kunjungan host amerika ke Indonesia selama 14 hari untuk mempelajari indonesia dari berbagai aspek, sekaligus untuk saling meningkatkan pemahaman atas negara masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan pada Desember 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: